Inspirasi: Sekelumit Tentang Iman



“Iman itu naik turun, terkadang dia berada di atas, terkadang juga dia berada di bawah”

Dalam lembaran kehidupan, seringkali terucap sebuah pembenaran yang sering menjebak para pelaku kebaikan, para penyebar cinta, para penyeduh hangatnya ukhuwah. “Iman itu kan naik turun” begitulah ungkapan yang seringkali terdengar. Lalu sang pelaku kebaikan mewajarkan dirinya ketika kualitas kebaikannya berkurang.

Dalam dekapan cinta kebaikan, selaiknya sungai yang mengalir, selaiknya tetes hujan yang mengalirkan anak-anaknya berlari riang menuju selokan. Kebaikan seharusnya tak pernah punya ukuran, tak boleh berkurang tak boleh mengalami discontinuitas. Jangan sampai frasa “iman itu kan naik turun” menjadi ular yang membawa step kita turun beberapa kotak dalam kebaikan. Seringkali kita terjebak, dan melakukan pembenaran.



Kelak orang akan menyadari bahwa frasa dari para ulama itu tidak berhenti di sana, tidak berhenti hanya pada sekumpulan kata “iman itu naik turun”. Tapi ada frasa yang melengkapinya “naik dengan ketaatan dan turun karena kemaksiatan”. Lalu jika kedua kumpulan kata itu digabungkan, tak akan ada lagi celah kita membuat pembenaran. Ya karena sejatinya, jika kita ingin iman kita tetap di atas, maka kita harus melakukan yang dalam ilmu fisika disebut dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan dalam proses implementasi Kebaikan. Dengan percepatan bernilai positif.

Maka saat kita menyadari bahwa dengan terus berada di atas awan kebaikan, melayang bersama segerombolan burung bersayap ke-sholehan, menyapa angin kehidupan lalu duduk bersama anak-anak langit. Menurunkan hujan ketulusan ke atas bumi, membasahinya, menyuburkannya lalu menumbuhkan pepohonan yang akarnya kuat menghujam ke bawah. Batangnya menjulang tinggi ke atas lalu menghasilkan buah yang manis rasanya. Memberi teduh pada sang pengembara, dan memberi ruang sarang bagi burung dan peranakannya.

Sungguh manfaat itu manis sahabatku..
Sepenuh cinta


Oktober 2013

Terima Kasih, Sudah Berkenan Membaca

Jika Manfaat, mari bagikan ^^

Comments

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Bagaimana Menurut mu? :)