Samudera Luas Tak Bergelombang Bernama "IBU"

Hari ini 22 desember 2012 ..
orang-orang di permukaan bumi ini terutama indonesia mencatat nya sebagai Hari IBU ..
aku melalui nya sekitar 20x seumur hidup ku, dan tak pernah sekalipun merayakannya, mungkin jika aku pun merayakannya, ibu ku belum tentu tahu dan mengerti hari perayaan ini, ibu ku sekarang sudah cukup tua, beliau ditinggal belahan jiwanya sekitar 10 tahun yang lalu, aku begitu ingat beliau menangis disamping ku, tapi tetap nampak tegar memberi sinyal bahwa "dunia belum runtuh nak.."
ibu ku berjalan tanpa sang belahan jiwa saat telah memiliki 10 orang anak dan mengandung 11x, beliau memiliki cucu  6 orang saat itu yang sekarang sudah menjadi 13 orang cucu..

semua orang mungkin bisa melukiskan betapa luar biasa nya ibu mereka, bisa menceritakan ribuan kisah kasih ibu nya yang begitu menyentuh, membanggakan beribu jumlah pengorbanan ibu nya, lalu menyesali tak pernah bisa membalasnya...
tapi aku..
sekalipun tak pernah berhasil melukiskan nya, mengatakannya, menjelaskannya.. karena semua yang dilakukan ibu begitu sempurna hampir tanpa cela.

Ibu..
bagiku lukisan kata pengorbanan paling mutlak, menguak arti ikhlas tanpa indah jasa dan balasan.
beliau ada begitu penuh arti, laiknya sungai, beliau memberi jalan bagi dahaga laut akan air pegunungan. memberi arti langit pada awan yang melayang dan tak pernah bisa menyinggahi nya.

ibu..
buatku adalah rumpun kata paling sempurna, beliau datang dengan solusi, lalu tertidur bersama masalah kita. lalu beliau terbangun dengan senyum paling manis, mengajak kita menghadap sang Maha Cinta.

ibu...
benar-benar  cerminan syurga bagi ku, inilah syurga dini yang disediakan Allah bagi setiap manusia, beliau ada dengan segala pelepas dahaganya, beliau juga bidadari itu..
bidadari yang ditulis sang Maha Agung dalam kumpulan Firman Nya yang Suci.

ibu ku kini begitu tua, aku begitu jauh saat ini, ribuan kilometer lebih jarak nya, aku begitu durhaka. aku lebih banyak meminta kelancaran rezeki setelah sholat dibanding memohonkan ampun atas dosa ibu ku.
aku ingin sekali memeluk erat penuh hangat tubuh nya yang kini renta, tapi aku begitu jauh, aku begitu durhaka. hanya bisa menangis dan meringis saat tau aku belum bisa memberi apapun. belum bisa menjadi yang dibanggakan.
padahal..
dulu aku sering kali melawannya, membantahnya, mengacuhkannya. aku selalu tersenyum dibuat beliau, tapi aku mungkin seringkali membuat hatinya pilu.
anak macam apa aku ini ..

Robbigfirli waliwalidaiya warhamhuma kama Robbayani shoghiro..
Ya Allah..
beri lah ampunan dosa kepada ibu ku.
beri lah beliau sari pati kebahagian di hari tua nya..
berilah beliau umur yang panjang dan sisa umur yang barokah..
berilah beliau keberkahan dan limpahan rizki..
ampuni ya Allah.. ampuni Ya Allah.. Ampuni.....

Ibu... Anak mu begitu merindukan mu hingga ubun ubun ... :'(

Ini Foto Terakhir ku bersama ibu di gubuk sederhana nya.

Terima Kasih, Sudah Berkenan Membaca

Jika Manfaat, mari bagikan ^^

Comments

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Bagaimana Menurut mu? :)