Simpai Setiap Tahun


27 november adalah tanggal masehi yang menjadi alarm pengingat bagi saya tentang kehidupan yang terus berjalan. Tidak peduli kita siap atau tidak, kita berbuat sesuatu yang berarti atau tidak. Jarum waktu kehidupan akan terus mengitari orbitnya dan mengerek mentari setiap pagi dan memendarkan bulan setiap malam. Tak akan pernah berhenti hingga kelak yaumul qiyamah tiba dan menutup semua perputaran waktu itu.

Umur adalah hitungan yang menjadi bilangan kali bagi setiap amal dan dosa kita dalam rata-rata tahun. semakin banyak umur kita maka akan berdampak secara langsung kepada nilai akhir dari perkalian antara dosa/amal kita dengan jumlah total umur kita. Maka sangat patut kita koreksi kembali seberapa besar perbandingan amal dan dosa kita sehingga jika kedua variabel itu mendapat nilai kali dari umur kita yang dihasilkan adalah nilai positif yang berarti amal kita lebih besar.

Ketika kita melihat yang lebih muda maka berfikirlah “dia memiliki dosa yang jauh lebih sedikit daripada diriku karena umurnya lebih muda sehingga dia masih sedikit berbuat dosa”

Dan ketika melihat yang lebih tua berfikirlah “dia memiliki amal yang jauh lebih banyak dariku, karena umurnya lebih tua dariku sehingga dia memiliki waktu yang lebih banyak untuk beramal dibanding diriku”

Maka tepat 27 november 2013 ini adalah momen penambahan umur saya yang ke-sekian kali. Sungguh menjadi momen untuk kembali me-review sejauh mana pencapaian saya untuk rencana kehidupan saya di masa depan nanti. Tentang rencana memiliki sebuah pencapaian yang memiliki peran bagi kehidupan banyak insan lain. Juga tentang menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan yang berarti bagi perjalanan kehidupan berbangsa. Sungguh sebuah keharusan bagi saya untuk senantiasa membuat perhitungan, apalagi pada setiap momen penambahan umur.

Tepat setahun lalu saya pernah membuat catatan tentang capaian-capain kecil yang ingin saya capai saat umur saya mencapai 25 tahun nanti. Dan alhamdulillah beberapa dari poin yang saya tulis sudah saya capai sekarang. maka kini saya ingin kembali menuliskan beberapa capaian yang ingin saya capai pada saat umur saya terhitung bertambah satu tahun lagi.

1. Menyelesaikan studi S1 saya di Universitas Sumatera Utara dengan IPK 3,4 dan mendapat rekomendasi untuk melanjutkan S2 di UK ataupun di Australia
Studi saya sekarang masuk di semester 7, dan sudah menyelesaikan 94 SKS dengan nilai memuaskan. Saya butuh lebih dari 15 SKS lagi agar saya bisa mencapai nilai yang diharapkan. Semoga Allah mudahkan saya dalam setiap usaha kita dan juga diberikan kesempatan senantiasa memberi manfaat bagi sesama.

2. Menyelesaikan buku pertama saya dan diterbitkan secara nasional
Saat ini saya terus mencoba membentuk warna menulis saya, dan menyusun beberapa bentuk tulisan. Sehingga targetnya bulan maret tahun 2014 saya sudah mulai menulis draft buku saya. mohon doanya ya .. J

3. Menyelesaikan beberapa syarat proposal kehidupan separuh agama saya, salah satunya 5 juz Al-Qur’an
Sejujurnya, jika besok saya mendapat kesempatan untuk menggenapi separuh agama saya, saya tidak akan menunggu apapun untuk melakukannya. Tapi saya sadar bahwa kualitas kita juga menentukan kualitas pasangan hidup kita kelak. Maka setidaknya saya ingin memiliki sedikit bekal di antara banyak sekali kelemahan saya untuk sayap kehidupan saya. Saat ini Alhamdulillah setengahnya sudah hampir tercapai, mohon doanya agar saya dapat merampungkan target saya tahun depan. Allahumma Amin

4. Membaca lebih dari 100 buku dengan disiplin pembahasan yang ber-variasi
Saya sadar benar akan ungkapan “dengan membaca kita akan mengetahui dunia, dan dengan menulis dunia akan mengetahui kita”. Maka selain saya memasang target menulis, saya juga harus memasang target membaca agar saya memiliki cakupan penguasaan yang luas sehingga saya mampu memberi manfaat yang juga lebih luas. J

5. Memiliki kecakapan khusus dalam bidang keilmuan mechanical engineering
Bagi yang belum begitu mengenal saya, izinkan saya sedikit memperkenalkan diri saya. Saat ini saya sedang kuliah S1 di Jurusan Teknik Mesin FT USU. Dan saya sangat mencintai bidang keilmuan ini, sehingga saya merasa sangat perlu memiliki kecakapan khusus agar saya bisa mengaplikasikan ilmu saya dengan baik dan membagi manfaat bagi sekitar.

6. Mampu mengakomodir percepatan nilai syiar di beberapa kampus sumatera utara
Izinkan juga saya memperkenalkan bahwa sekarang saya juga sedang menanggung amanah untuk menjadi koordinator pengembangan isu dan media sumatera utara, bersama dengan beberapa rekan. Saya sedang mencoba membangun sistem untuk mengakomodir percepatan syiar melalui media di sumatera utara.

7. Mampu menyekolahkan adik saya ke perguruan tinggi negeri di indonesia
Saya saat ini memiliki 2 orang adik yang sangat saya cintai, dan juga 14 orang ponakan yang jua begitu saya cintai. Tapi bagi saya yang papa pengetahuan ini, mengajari adik-adik saya mungkin cukup berat, sehingga saya sangat ingin menyekolahkan adik-adik saya ini. Adik-adik saya ini sudah menjadi yatim dari mereka cukup belia, sehingga saya seringkali meneteskan air mata. Saya ingin sekali menjadi kakak yang baik dan membanggakan bagi mereka. Tapi saya seringkali mendahulukan kemalasan dan menunda daripada kebaikan untuk memperjuangkan masa depan demi kedua adik saya ini. Mohon doanya agar saya bisa menyekolahkan kedua adik saya ke perguruan tinggi negeri, sehingga sama-sama mampu memberi manfaat bagi sesama. J

8. Memiliki penghasilan tetap yang mencukupi kehidupan saya dan kedua adik saya yang sedang kuliah
9. Juara nasional dalam beberapa lomba dengan kategori yang berbeda


“Saya tidak tahu jalan mana yang bisa membawa ke Syurga-Nya. Mungkin saja jalan itu ada di jalanan”

Padang Bulan, 2013

Terima Kasih, Sudah Berkenan Membaca

Jika Manfaat, mari bagikan ^^

Comments

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Bagaimana Menurut mu? :)